Sunday, October 9, 2016

Classic Cipher : Caesar Cipher Encrypt & Decrypt

Hasil Program dengan menggunakan huruf kecil (lowercase): Hasil Program dengan menggunakan huruf besar (uppercase): Rum... thumbnail 1 summary
Hasil Program dengan menggunakan huruf kecil (lowercase):


Hasil Program dengan menggunakan huruf besar (uppercase):


Rumus Dasar Program :
Rumus Enkripsi :

Rumus Dekripsi :


Ket :
C = Ciphertext , Pesan yang telah di enkripsi
P = PlainText, Pesan asli
K = Key, Kunci sandi
Mod = Modulo

Tabel Nilai huruf caesar cipher :


Penjelasan Program :

di python untuk membuat sebuah function di gunakan keyword def kemudian di ikuti nama functionnya, untuk membuat fungsi enkripsi caesar cipher disini saya menggunakan function caesar_en dengan parameter text dan key. Pada fungsi di atas isi dari parameter text di ubah menjadi array berdasarkan index(c).

Penjelasan Fungsi Mod 26 :

Hasil penjumlahakn dari index(c) dan key di mod (modulo) 26, yang artinya adalah sisa dari hasil bagi, kenapa di mod 26 ? Karena jumlah huruf dalam alfabet yang di gunakan dalam program ini berjumlah 26 huruf, apabila hasil penjumlahan dari index(c) dan key kurang dari 26, maka hasilnya adalah tetap, sedangkan apabila hasil penjumlahan dari index(c) dan key melebihi 26 maka hasil akhir yang di dapat adalah sisa dari 26, kita lihat contoh di bawah ini :

Hasil penjumlahan index(c) dan key kurang dari 26 :


Hasil Penjumlahan index(c) dan key lebih dari 26 :



Tabel Pembuktian (Enkripsi) :


Tabel Pembuktian (Dekripsi) :


untuk penjelasan apa itu Caesar Cipher silahkan cari di wikipedia aja hehe.. capek ane dari ane sekolah sampe kuliah masih aja bahas enkripsi jadul ini -,- .
terima kasih semoga bermanfaat :D

1 comment