Thursday, July 28, 2016

Getting Started With Raspi 2 Model B : Install OS Raspbian

halo.. kali ini saya mencoba menulis step by step installasi os raspbian di raspberry khususnya raspi 2 model B seperti yang sekarang ... thumbnail 1 summary

halo.. kali ini saya mencoba menulis step by step installasi os raspbian di raspberry khususnya raspi 2 model B seperti yang sekarang lagi saya coba oprek, instalasi nya mudah, tidak sesulit masuk tepat waktu kuliah pagi hehe.., pada tulisan ini saya hanya menjelaskan bagaimana cara installasinya di OS yg berbasis linux, karena 1 tahun terakhir saya sudah tidak lagi bertatap muka dengan OS karya perusahaan mikocok itu, dan mungkin tutorial ataupun case study seputar Raspi yang saya tulis di blog ini kedepannya bakal linux oriented atau di jelaskan dengan kasus yang ada di os linux.. 

kembali ke topik, untuk installasinya kita bisa menggunakan tools yang namanya DD (tools disk clone), untuk di linux, khususnya turunan debian kita tidak perlu lagi install tools ini, karena biasanya sudah  built in dengan os, selain membuat installasi baru, dengan tools DD kita juga bisa membackup file yang ada di SD card kita, file hasil backup berekstensi .img
Step by Step :
1. siapkan SD card minimal 8 GB, recomended kelas 10
2. Download file image di https://www.raspberrypi.org/downloads/raspbian/ ,
link official insyaAllah gak ada backdoor, kalo sudah di download cocokkan checksum SHA-1 file dengan yang ada di site, kalo sama berarti file yang kita download tidak corrupt
3. ekstrak file, ukuran file image setelah di ekstrak lebih kurang 4 GB
4. buka terminal, ketik fdisk -l untuk melihat alamat direktori SD card, biasanya nama dari alamatnya /dev/mmcXXX atau bisa juga /dev/sdX, 
5. kalo alamat direktori SD cardnya sudah terdeteksi, ketik command ini :
sudo dd if=alamat_file of=alamat_direktori_SDcard 
contoh :
sudo dd if=/master/2016-05-27-raspbian-jessie.img of=/dev/mmcblk0
6. silahkan ngopi sambil nunggu proses
7. akun default raspi sesudah di install :
username : pi 
password : raspberry

note :
OS raspbian official hanya support display via HDMI, kalau mau menggunakan LCD touchscreen maka perlu sedikit kita oprek, next post bakal saya jelaskan bagaimana set up LCD touchscreen khususnya keluaran dari vendor waveshare. 

No comments

Post a Comment