Thursday, May 26, 2016

COMMAND MODE PADA ROUTER CISCO

Ok guys,, pada kesempatan kali saya akan menjelaskan command mode yang ada di router cisco, kenapa kita harus tahu command mode ini??... thumbnail 1 summary

Ok guys,, pada kesempatan kali saya akan menjelaskan command mode yang ada di router cisco, kenapa kita harus tahu command mode ini?? Yaa.. Elah.. Kan gak lucu gan kalo kita pas ngonfig ehh gak taunya kita tersesat di terminal.. Mau keluar gk bisa.. Mau lanjut ngonfig muncul pesan error.. Alhasilmarah marah gk jelas (lebay).

Biar agak mudah bacanya saya bikinkan tabel aja gan... (Saya bingung manggil pembaca siapa ya..
Agan??,  sobat??,, Mas??,, tau ahh pusing,, pembaca terima aja saya panggil siapa hhehe.. )


Command Mode
Metode Akses
Prompt
Keluar
User EXEC
Level awal pada saat masuk ke router/ switch

Melakukan perintah-perintah dasar dan melihat informasi dari sistem.
Router>
Untuk keluar ketik logout
Privileged EXEC
Tampilan dari User EXEC mode setelah kita mengetik perintah enable
Router#
Untuk keluar dari user EXEC mode , ketik perintah disable
Global Configuration
Dari mode Privileged EXEC, ketik perintah configure
Router(config)#
Untuk keluar dari mode privileged EXEC, tulis perintah end atau tekan tombol ctrl+z
Interface Configuration
Dari mode global configuration, ketik perintah interface <type><nomor> atau bisa di singkat int untuk masuk ke mode interface configuration
Router(config-if)#
Untuk keluar dari mode privileged EXEC, tulis perintah end atau tekan tombol ctrl+z

Untuk keluar dari mode global configuration, atau kembali ke mode sebelumnya, ketik perintah, exit

Ok gan.. Cukup itu saja penjelasan dari saya mengenai Command mode di router cisco, gak cuman di router sih.. Di switch juga sama perintahnya hehe..

Semoga bermanfaat dan newbie seperti saya tidak lagi tersesat di terminal, :))


No comments

Post a Comment