Thursday, May 26, 2016

TELNET ke Router Cisco di Packet tracer

Ok guys.. Dari pada gak ada kerjaan, sekarang lagi libur kuliah coy,, waktunya ngoprek mode on, seharusnya saya Kerja praktek har... thumbnail 1 summary


Ok guys.. Dari pada gak ada kerjaan, sekarang lagi libur kuliah coy,, waktunya ngoprek mode on,


seharusnya saya Kerja praktek hari ini, tapi berhubung kurang enak badan jadi saya memilih untuk
meliburkan diri, saya kerja praktek di PT.Telkom, baru satu minggu, sedikit banyak sudah ada
pengetahuan yang saya peroleh, terutama ilmu tentang teknologi GPON (Gigabite Passive Optical Network) yang sekarang di adopsi telkom untuk layanan Indihome dan kawan-kawannya, nanti kalo ilmu tentang teknologi kekinian ini (baca GPON) sudah lumayan banyak saya dapat, insyaAllah bakal saya tulis jugo di blog ini, sudah terlalu jauh keluar topik hahah.. Gak apalah, sekalian cerita sedikit, blog punya saya.. Terserah saya mau nulis apa hahaha (ketawa jahat)..

Kembali ke..... Telnet..
Telnet singkatan dari Telecommunication Network, yang mana fungsinya adalah mengakses router (gak cuman router, host juga bisa) secara remote login, protokol telnet adalah protokol berbasis text, jadi kalo misalnya mau nonton film di server yg di remote mana bisa,..

Kita masuk ke tahap konfig yuk guys.. Yuk..

Devices
Interfaces
IP Address
R1
Fa0/0
192.168.1.1/24
PC0
Fa0
192.168.1.2/24

Konfigurasi :

PC0 :

R1 :
Pasang ip address di interfaces FastEthernet 0/0 :

Router(config)#int fa0/0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#ip add 192.168.1.1 255.255.255.0
Router(config-if)#

Setting authentication di line telnet, jadi kalo ada PC yang hendak remote login ke router maka akan di minta password.

Router(config)#line vty 0 4
Router(config-line)#password idnetworker
Router(config-line)#login
Router(config-line)#


Maksud dari line vty 0 4 adalah dalam waktu bersamaan, maksimal client yang meremote perangkat berjumlah ( 0 sampe 4).

Ouput ketika kita meremote setelah di beri password :

PC>telnet 192.168.1.1
Trying 192.168.1.1 ...Open




User Access Verification


Password:
Router>

Berarti sudah aman donk perangkat kita dari gangguan orang-orang yang tidak di inginkan ??... Sebetulnya belum sih, karena apabila kita ketik “show run” maka password kita akan muncul dengan format plaintext, akankah lebih baik jika kita enkrip, agar sedikit lebih aman..

Password masih kelihatan..

Untuk membuat password agar terenkripsi menggunakan perintah :
Router(config)#service password-encryption


Password setelah di enkripsi :


Ok guys.. Materi tentang telnetnya cukup segini aja dulu, menurut saya sih untuk pengetahuan awam sudah lumayan, semoga bermanfaat.. saya pamit undur diri dulu ya guys.. Wassalamualaikum Wr Wb... 

2 comments